RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN
  SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
 |  Satuan Pendidikan |  : Sekolah Menengan Atas Negeri  ....................... | 
|  Kelas/Semester |  : XII   / 1 | 
|  Waktu   |  : 1  X 40  menit | 
|  MATERI LAYANAN |  : |  BAB  I     BANGGA DI KELAS XII  A    SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN | 
|  ASPEK PERKEMBANGAN |  : |  7. Pengembangan pribadi | 
|  NILAI KARAKTER |  : |  Jujur, Disiplin, Kerja Keras,   Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab | 
|  KOMPETENSI            |  : |  Semangat gres di kelas XII | 
|  INDIKATOR |  : |  Dapat menyesuaikan diri | 
|  BIDANG LAYANAN |  : |  Sosial | 
|  TUJUAN LAYANAN |  : |  Peserta didik sanggup mengekspresikan suasana yang menyenangkan di kelas   baru | 
|  FUNGSI LAYANAN |  : |  Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan | 
|  METODE |  : |  Kooperatif Learning,  Joyfull   Learning | 
|  SUMBER LAYANAN  |  : |  Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok | 
|  LANGKAH-LANGKAH LAYANAN : | ||
|  KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL |  WAKTU | 
|  A.   Pendahuluan  1.      Memberi salam, menilik kehadiran akseptor didik dan   kebersihan kelas.  2.      Apersepsi dan motivasi : Perlukah kita bersemangat di   awal tahun pemikiran ini dengan bernyanyi ?  3.      Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek   dan kiprah perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. |  10 ’ | 
|  B. Kegiatan Inti  1.      Proses   ·           Eksplorasi  :  peserta   didik mencicipi “A New Spirit in XII Grades” sambil menyanyikan   lagu “Naik ke Kelas XII”  ·           Elaborasi    : akseptor didik mengemukakan gagasan gres perihal   lagu ”Naik ke Kelas XII”  ·           Konfirmasi  : memperoleh   pengalaman yang bermakna sewaktu menyanyikan lagu ”Naik ke Kelas XII”  2.      Aspek   CTL   ·           Questioning (bertanya) :   tanya jawab bervariasi perihal semangat mencar ilmu di kelas XII.  ·           Konstruktivisme (membangun) :   guru BK/Konselor memberi teladan lagu “Naik ke Kelas XII”  ·           Modeling (pemodelan) : guru   BK/Konserlor meminta seorang akseptor didik membacakan cerita.  ·           Authentic Assessment   (penilaian yang sebenarnya) : akseptor didik menuntaskan tugas di   modul BK : memberi tanda silang pada bak Ya atau Tidak, serta   menciptakan puisi atau syair lagu kelas XII  3.      Kecakapan   Hidup   ·           Kooperatif :   akseptor didik sanggup mencicipi sebagai pelajar yang memahami tanggung jawab   dalam belajar. |  25’ | 
|  C. Penutup  1.     Kesimpulan : akseptor didik dan guru BK menyimpulkan   perlunya semangat gres di awal tahun ajaran.  2.     Refleksi       : semangat mencar ilmu di kelas XII diekspresikan melalui lagu   ”Naik ke Kelas XII” |  5 ’ | 
I.PENILAIAN
|  TEKNIK |  BENTUK |  TAHAP PENILAIAN | 
|  Penilaian   diri |  Pendapat   pribadi |  Laiseg    :   Ekspresi bahagia pada diri akseptor didik.  Laijapen : Tetap bahagia mencar ilmu di kelas.  Laijapan : Prestasi tercapai  | 
 A.  Diberikan reward jikalau ada perubahan perilaku pada akseptor didik berjulukan :   
  B.  Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi akseptor didik yang belum ada perubahan perilaku bernama  
  Mengetahui,  
                          ..............................,Juli 2017       
  Kepala  SMA Negeri  ...............                                            Guru BK Kelas XII
  ....................................                                                            ................................................ 
  NIP.                                                                                         NIP.