RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
  SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
 |  Satuan Pendidikan |  : Sekolah Menengan Atas Negeri ....................... | 
|  Kelas/Semester |  : XII   / 2 | 
|  Waktu   |  : 1  X 40  menit | 
|  MATERI LAYANAN |  : |  BAB  V  MY   GOAL AND CAREER  D   PERGURUAN TINGGI | 
|  ASPEK PERKEMBANGAN |  : |  7   Pengembangan Pribadi | 
|  NILAI KARAKTER |  : |  Jujur,   Disiplin, Kerja Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab | 
|  KOMPETENSI            |  : |  Mengetahui dunia Perguruan Tinggi | 
|  INDIKATOR |  : |  Memahami bidang pendidikan di   Perguruan Tinggi | 
|  BIDANG LAYANAN |  : |  Karir | 
|  TUJUAN LAYANAN |  : |  Peserta   didik sanggup  menentukan pilihan sekolah   lanjutan hingga ke Perguruan Tinggi | 
|  FUNGSI LAYANAN |  : |  Pemahaman, Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan | 
|  METODE |  : |  Kooperatif Learning,  Joyfull   Learning | 
|  SUMBER LAYANAN  |  : |  Modul BK, Psikologi Remaja, Dinamika Kelompok | 
|  LANGKAH-LANGKAH LAYANAN : | ||
|  KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL |  WAKTU | 
|  A.   Pendahuluan  1.      Memberi salam, menilik kehadiran penerima didik dan   kebersihan kelas.  2.      Apersepsi dan motivasi : Apa yang kalian ketahui   perihal Perguruan Tinggi ?  3.      Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal, aspek dan kiprah   perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. |  10 ’ | 
|  B.   Kegiatan Inti  1.    Proses   ·           Eksplorasi  :  peserta   didik memperhatikan dan memahami media BK ”Bagan Perguruan Tinggi”.  ·           Elaborasi    :  peserta   didik mengemukakan jenis-jenis Perguruan Tinggi di Indonesia dan   persyaratannya.  ·           Konfirmasi  : memberikan   konfirmasi terhadap pengalaman mencar ilmu sehari-hari agar sanggup masuk ke   Perguruan Tinggi.  2.    Aspek CTL   ·           Questioning (bertanya) : tanya jawab bervariasi   mengenai dunia Perguruan Tinggi.  ·           Learning Community (masyarakat belajar) : penerima didik   membahas bersama perihal dunia Perguruan Tinggi.  ·           Authentic Assessment (penilaian yang sebenarnya) :   penerima didik memahami stuktur kurikulum di Perguruan Tinggi  3.    Kecakapan Hidup   •    Kooperatif   : penerima didik memahami dunia Perguruan Tinggi. |  25’ | 
|  C.   Penutup  1.      Kesimpulan : penerima didik dan guru BK menyimpulkan   perlunya mengetahui dunia Perguruan Tinggi semenjak dini.  2.      Refleksi       : persyaratan ke Perguruan Tinggi. |  5 ’ | 
 I.  PENILAIAN
 |  TEKNIK |  BENTUK |  TAHAP PENILAIAN | 
|  Penilaian   diri |  Bagan   jenis-jenis Perguruan Tinggi. |  Laiseg    :   Mencari isu Perguruan Tinggi  Laijapen : Menentukan kuliah berdasarkan   isu yang benar, ekonomi keluarga disertai kemampuan, talenta dan minat.  Laijapan   : Merencanakan kuliah. | 
 I.  CATATAN KHUSUS
  A.  Diberikan reward kalau ada perubahan perilaku pada penerima didik berjulukan :   
  B.  Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan perilaku bernama  
  Mengetahui,                                                                        .......................,    Juli 2017       
  Kepala  SMA Negeri ...............                                   Guru BK Kelas XII
  ....................................                                                ................................................ 
  NIP.                                                                             NIP.