Pengertian Operasional & Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Operasional & Menurut Para Ahli| Secara umum, Pengertian Operasional ialah konsep yang bersifat abnormal untuk memudahkan pengukuran suatu variabel. atau operasional sanggup diartikan sebagai ajaran dalam melaksanakan suatu aktivitas ataupun pekerjaan penelitian. Definisi operasional berdasarkan karakteristik yang diobservasi untuk didefinisikan atau mengubah konsep-konsep yang berupa konstruk dengan kata-kata yang menggambarkan suatu sikap atau tanda-tanda yang diamati, diuji dan di tentukan kebenarannya kepada orang lain.

Pengertian Operasioal Menurut Para Ahli

  • Budi Pranata: Pengertian operasional berdasarkan kecerdikan pranata ialah kuantitas atau jumlah yang tidak cocok.
  • Husein Umar: Pengertian operasional berdasarkan husein umar ialah penentuan suatu konstruct sehingga menjadi variable maupun variabel-variabel yang sanggup diukur.
  • Nursalam: Menurut Nursalam, pengertian operasional ialah definisi berdasarkan karakteristik yang diamati dari suatu yang didefinisikan tersebut.
  • Widjono Hs: Pengertian operasional berdasarkan Widjono Hs ialah batasan pengertian yang dijadikan sebagai ajaran untuk melaksanakan suatu aktivitas ataupun pekerjaan.
  • Asep Hermawan: Menurut Asep Hermawan, pengertian operasional ialah klarifikasi bagaimana kita sanggup mengukur variable. Pengukuran tersebut sanggup dilakukan dengan angka-angka maupun atribut-atribut tertentu.
  • Hoover: Pengertian operasional berdasarkan Hoover ialah memuat identifikasi sesuatu hal yang bersifat (variabel) sehingga sanggup dipakai untuk penelitian (observasi)
  • Rhonda Abrams & Alice Laplante: Menurut Rhonda Abrams & Alice Laplante bahwa pengertian operasional ialah aspek yang penting sebab tanpanya, maka tidak ada yang sanggup dikerjakan.
  • Nani Darmayanti: Pengertian operasional berdasarkan Nani Darmayaanti ialah rumusan perihal ruang lingkup serta ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan dan penelitian suatu karya ilmiah.

Baca Juga: 


Demikianlah isu mengenai Pengertian Operasional & Menurut Para Ahli. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua baik itu pengertian operasional, pengertian operasional berdasarkan para ahli. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.
LihatTutupKomentar