Unsur-Unsur Administrasi Dan Penjelasannya

Unsur-Unsur Manajemen dan Penjelasannya |UnsurManajemen, Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, seorang manajer membutuhkan sarana administrasi yang disebut dengan unsur manajemen. Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Manullang ihwal unsur administrasi tersebut, terdiri atas manusia, material, mesin, metode, money dan markets, setiap unsur-unsur tersebut mempunyai klarifikasi dan peranan bagi kita dalam memanajemen sesuatu biar mengetahui bahwa administrasi mempunyai unsur-unsur perlunya kita memanfaatkan unsur-unsur administrasi tersebut. untuk mengetahui itu semua mari kita lihat klarifikasi unsur-unsur manajemen seperti dibawah ini.

Unsur-Unsur Manajemen
1. Manusia ( man ). sarana penting atau sarana utama setiap manajer untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh individu-individu tersendiri atau manusianya. Berbagai kegaitan-kegiatan yang sanggup diperbuat dallam mencapai tujuan ibarat yang sanggup ditinjau dari sudut pandang sepeprti sudut pandang proses, perencanaan, pengorganisasian, staffing, pengarahan, dan pengendalian atau sanggup pula kita tinjau dari sudut bidang, ibarat penjualan, produksi, keuangan dan personalia. Bidang-bidang tersebut memerlukan sumber daya manusia. 
2. Material ( material ). Dalam proses pelaksanaan kegiatan, insan memakai matrial atau bahan-bahan. Oleh karna itu, material dianggap pula sebagaialat atau sarana administrasi untuk mencapai tujuan. 
3. Mesin ( Machine ). Dalam kemajuan teknologi, insan bukan lagi sebagi pembantu mesin ibarat pada masa kemudian sebelum Revolusi Industri terjadi. Bahkan, sebaliknya mesin telah berubah kedudukannya menjadi pembantu manusia.
4. Metode ( method ) . Untuk melaksanakan acara secara guna dan berhasil guna, insan dihadapkan kepada banyak sekali alternatif metode cara menjalankan pekerjaan tersebut sehingga cara yang dilakukannya sanggup menjadi sarana atau alat administrasi untuk mencapai tujuan. 
5. Uang ( money ) . Uang sebagai sarana administrasi harus dipakai sedimikian rupa biar tujuan yang diinginkan tercapai. Kegiatan atau ketidaklancaran proses administrasi sedikit banyak dipengruhi oleh pengelolaankeuangan. 
6. Pasar ( Markets ) . Bagi tubuh yang bergerak dibidang industri maka sarana manajemens penting lainnya ibarat pasar-pasar atau market. Untuk mengetahu bahwa pasar bagi hasil produksi.jelas tujuan perusahaan industri tidak tidak mungkin semua itu sanggup dirai. sebagain dari persoalan utama dalam perusahaan industri yakni minimal mempertahankan pasar yang sudah ada. Jika mungkin, mencari pasar gres untuk hasil produksinya. Oleh alasannya yakni itu. markets merupakan salah satu sarana administrasi penting lainnya. baik bagi perusahaan industri maupun bagi semua tubuh yang bertujuan untuk mencari laba 

Sekian Artikel Tentang Unsur-Unsur Manajemen, Semoga Bermanfaat.
(Sumber : Ekonomi XII/ II -SMA , penerbit :Citra Pustaka, Penulis : Agustin Si sulandri, S.Pd. )
LihatTutupKomentar