6 Komponen Penyusun Rangkaian Dna

DNA yaitu molekul pembawa bahan genetika yang terdapat di setiap inti sel makhluk hidup termasuk virus. DNA merupakan asam nukleat yang terdiri dari protein dan karbohidrat. DNA sangatlah penting bagi makhluk hidup alasannya yaitu membawa isu genetik yang memilih sifat atau bentuk makhluk hidup tersebut. Terdapat enam komponen penyusun rangkaian DNA yang tersusun dalam struktur double helix. Berikut yaitu enam komponen penyusun rangkaian DNA. Langsung saja kita simak yang pertama:

 

 DNA merupakan asam nukleat yang terdiri dari protein dan karbohidrat 6 Komponen Penyusun Rangkaian DNADNA, sitosin berikatan dengan guanin dan membentuk tiga ikatan hidrogen (pada gambar berupa garis titik-titik).

4. Timin

Timin (thymine) yaitu salah satu dari empat basa nitrogen. Timin juga disebut 5-metilurasil. Dalam RNA, timin digantikan oleh urasil. Pada DNA, timin berikatan dengan adenin membentuk dua ikatan hidrogen. Dalam gen, timin dilambangkan dengan abjad T.

5. Adenin

Adenin (adenine) yaitu salah satu dari empat basa nitrogen. Selain sebagai salah satu komponen penyusun DNA, adenin juga merupakan bab dari ATP (adenosin trifosfat) yang kaya akan energi. Dalam gen, adenin dilambangkan dengan abjad A.

6. Guanin

Guanin (guanine) yaitu salah satu dari empat basa nitrogen. Pada DNA, guanin berikatan dengan sitosin dan membetuk tiga ikatan hidrogen. Dalam gen, guanin dilambangkan dengan abjad G.


Sumber: id.wikipedia.org dan en.wikipedia.org


Anda sanggup request artikel perihal apa saja, kirimkan request Anda ke

LihatTutupKomentar