Untuk para rekan guru Bimbingan Konseling (BK) yang belum punya atau belum menyusun alasannya ialah kesibukan dan kegiatannya berikut ini saya sharing perihal silabus, agenda tahunan dan RPL BK untuk tingkat Sekolah Menengan Atas kelas 10,11 dan 12 edisi terbaru Revisi 2017
  I.    PERSIAPAN
 |  No |  KEGIATAN |  TUJUAN KEGIATAN |  URAIAN KEGIATAN |  WAKTU |  KETERANGAN | 
|  1 |  Penyusunan Program BK |  Perencanaan aktivitas pelayanan BK selama 1 tahun. |  Membuat agenda Tahunan, Semesteran, Bulanan, Mingguan   dan Harian. |  Raker Sekolah |  Tim BK  | 
|  2 |  Penyusunan Silabus dan Satlan |  Kegiatan agenda pelayanan BK Klasikal |  Menyusun materi pelayanan BK Klasikal, aktivitas dan   penilaiannya. |  Minggu efektif |  Modul BK | 
|  3 |  Konsultasi Program BK |  Diketahui dan disetujui kepala sekolah. |  Program BK tersusun menurut tindak lanjut dari   agenda BK sebelumnya. |  Raker sekolah |  Menjadi bab dari agenda sekolah | 
|  4 |  Pengadaan Sarana dan Prasarana BK |  Melancarkan pelaksanaan agenda BK. |  Daftar kebutuhan Sarana dan prasarana BK |  Raker sekolah |  Layanan BK menjadi efektif . | 
 II.    PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING
 |  KEGIATAN |  URAIAN KEGIATAN |  WAKTU |  KETERANGAN | 
|  JENIS LAYANAN BK    : | |||
|  1.       Layanan Orientasi |  -      Menetapkan objek dan   jenis aktivitas orientasi.  -      Menyiapkan akomodasi   orientasi. |  Awal tahun ajaran/MOPD |  Panitia PPDB | 
|  2.       Layanan Informasi |  -      Menetapkan materi   informasi.  -      Menetapkan nara   sumber.  -      Menentukan aktivitas   Layanan Informasi. |  Minggu efektif | |
|  3.       Layanan Penempatan dan Penyaluran |  -      Identifikasi setiap   penerima didik.  -      Kolaborasi dengan wali   kelas untuk penempatan duduk penerima didik di kelas. Menentukan BK Sebaya  -      Kolaborasi dengan guru   mapel untuk mencar ilmu kelompok. Menentukan Tutor Sebaya.  -      Kolaborasi dengan   kesiswaan untuk aktivitas OSIS  -      Kolaborasi dengan guru   ekskul untuk memilih pilihan ekskul. |  -      Awal tahun.  -      Semester kedua. |  Selalu ada penyegaran dan variasi di kelas. | 
|  4.       Layanan Penguasaan Konten |  -      Diagnosis kesulitan   mencar ilmu penerima didik.   -      Nilai raport penerima   didik, Leger Kelas dan Grafik Prestasi Belajar Kelas  -      Menetapkan penerima   didik yang akan dilayani sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan belajarnya.  -      Melaksanakan layanan   individu atau kelompok. |  Minggu Efektif |  -      Nilai Raport tiap   semester.   -      10 siswa teratas.  -      10 siswa terbawah. | 
|  5.       Layanan Konseling Perorangan |  -      Mengidentifikasi   klien.  -      Mengatur pertemuan   untuk mendapatkan klien  -      Membahas problem klien   dengan memakai teknik-teknik umum proses konseling.  -      Mendorong pengentasan   problem klien dengan menerapkan teknik-teknik khusus konseling perorangan.  -      Memantapkan komitmen   klien dalam pengentasan masalahnya. |  Minggu Efektif |  Perlunya ruang BK yang nyaman. | 
|  6.       Layanan Bimbingan Kelompok |  -      Menyiapkan topik yang   akan dibahas.  -      Membentuk kelompok dan   menyusun agenda kegiatan.  -      Menetapkan akomodasi   layanan  -      Menyelenggarakan   Layanan Bimbingan Kelompok sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaan :  a.   Pembentukan  b.  Peralihan  c.   Kegiatan  d.  Pengakhiran |  Minggu Efektif |  Perlunya ruang BK yang nyaman. | 
|  7.       Layanan Konseling Kelompok |  -      Mengidentifikasi klien   dan meyakinkan klien perihal perlunya problem dibawa ke dalam konseling   kelompok.  -      Menempatkan klien   dalam kelompok.  -      Menyusun jadwal.  -      Menetapkan akomodasi   layanan.  -      Menyelenggarakan   Layanan Bimbingan Kelompok sesuai dengan tahap-tahap pelaksanaan :  a.   Pembentukan  b.  Peralihan  c.   Kegiatan  d.  Pengakhiran |  Minggu Efektif |  Komitmen menjaga diam-diam teman. | 
|  8.       Layanan Konsultasi |  -      Mengidentifikasi   klien.  -      Mengatur pertemuan.  -      Menyelenggarakan   penstrukturan konsultasi.  -      Membahas problem klien   dengan pihak ketiga.  -      Mendorong klien untuk   :  a.   Mampu menangani problem dengan pihak ketiga.  b.  Memanfaatkan sumber-sumber yang ada.  -      Membina komitmen klien   untuk menangani problem dengan pihak ketiga. |  Minggu Efektif | |
|  9.       Layanan Mediasi |  -      Mengidentifikasi   problem yang dialami 2 pihak yang bertikai.  -      Meyakinkan kedua pihak   pentingnya perdamaian dan penyelesaian problem diantara keduanya.  -      Mengatur pertemuan.  -      Melaksanakan pertemuan   mediasi :  a.   Menyelenggarakan penstrukturan Layanan Mediasi.  b.  Membahas aspirasi kedua pihak.  c.   Mengembangkan perilaku saling memberi dan mendapatkan diantara kedua pihak.  -      Menempa komitmen   diantara kedua pihak.  -      Membina komitmen kedua   pihak untuk mempertahankan/melaksanakan kesepakatan. |  Minggu Efektif |  Adil dan tegas. | 
|  10.    Layanan Advokasi |  -      Mengidentifikasi klien   dan meyakinkan klien perihal perlunya permasalah dibawa ke jalur hukum.  -      Menghubungi   lembaga/ahli aturan yang berwenang dan pihak yang terkait dengan klien untuk   memilih waktu dan daerah pertemuan.  -      Mengadakan pertemuan   Advokasi :  a.   Menyelenggarakan penstrukturan Layanan Advokasi.  b.  Membahas hak klien untuk diperhatikan dan diperlakuan dengan selayaknya.  c.   Mengembangkan pemahaman akan hak asasi manusia.  -      Membina komitmen   secara aturan dengan pihak terkait supaya klien mempunyai kebebasan   menyebarkan potensinya. |  Minggu Efektif | |
|  KEGIATAN PENDUKUNG BK    : | |||
|  1.       Aplikasi Instrumen |  -      Menetapkan instrumen   sesuai dengan obyek yang akan diukur dan subyek yang akan mengalami   pengukuran/pengungkapan.  -      Mengkomunikasikan   planning pelaksanaan instrumentasi kepada pihak terkait.  -      Menetapkan mekanisme   pengukuran/pengungkapan.  -      Menetapkan fasilitas.  -      Menyelenggarakan   aktivitas Aplikasi Instrumentasi. |  -      Awal tahun ajaran.  -      Minggu Efektif |  Asesmen | 
|  2.       Himpunan Data |  -      Menetapkan pembagian terstruktur mengenai   jenis dan sumber Himpunan Data dan menata akomodasi penyelenggaraannya.  -      Menetapkan mekanisme   pengisian, pemeliharaan dan penggunaan Himpunan Data.  -      Memanfaatkan Himpunan   Data untuk aneka macam jenis layan |  -      Awal tahun   -      Selalu di  up   date. | |
|  3.       Konferensi Kasus |  -      Menetapkan masalah dan meyakinkan klien bahwa permasalahannya perlu dibicarakan   dalam Konferensi Kasus.  -      Menetapkan peserta,   mengkomunikasikan waktu dan daerah Konferensi Kasus.  -      Menyiapkan materi   materi  dan akomodasi penyelenggaraan   Konferensi Kasus.  -      Menyelenggrakan   Konferensi Kasus yang meliputi :  a.   Membuka pertemuan  b.  Menegaskan asas kerahasiaan  c.   Meminta komitmen penerima untuk penanganan kasus.  d.  Membahas kasus.  e.   Menegaskan dan melakukan peranan masing-masing penerima dalam   penanganan kasus.  f.   Menyimpulkan hasil pembahasan dan menutup pertemuan. |  Berdasarkan masalah yang ada. | |
|  4.       Kunjungan Rumah |  -      Menetapkan masalah dan   meyakinkan klien pentingnya Kunjungan Rumah.  -      Mengkomunikasikan   planning Kunjungan Rumah kepada pihak terkait.  -      Menyiapkan info   pokok yang akan dikomunikasikan pada keluarga, data yang perlu diungkap dan   peranan anggota keluarga terhadap klien.  -      Melakukan Kunjungan   Rumah :  a.   Bertemu orang tua/wali dan anggota keluarga.  b.  Membahas permasalahan klien.  c.   Melengkapi data.  d.  Mengembangkan komitmen orang tua/wali dan anggota keluarga.  e.   Merekam dan menyimpulkan hasil pembahasan. |  Minggu Efektif |  Kolaborasi dengan Wali Kelas. | 
|  5.       Tampilan Kepustakaan. |  -      Menetapkan klien dan   permasalahannya yang memerlukan info kepustakaan.  -      Menghubungi petugas   perpustakaan untuk meminta tumpuan buku yang diperlukan.  -      Mengadakan pertemuan   dengan klien untuk membahas permasalahan dengan mengaitkan pada materi   kepustakaan yang ada sehingga solusi didapatkan.  -      Klien tetapkan   daftar kepustakaan yang akan dibaca sebagai solusi dari permasalahannya. |  Minggu Efektif |  BK Corner | 
|  6.       Alih Tangan kasus |  -      Menetapkan kasus  dan meyakinkan klien pentingnya Alih Tangan   Kasus.   -      Menghubungi   lembaga/ahli yang berwenang menangani problem klien untuk memilih   waktunya.  -      Menyiapkan materi yang   akan disertakan dalam Alih Tangan Kasus.  -      Mengirim klien kepada   lembaga/ahli yang berwenang. |  Berdasarkan masalah yang ada. |  Format kerjasama | 
|  FORMAT LAYANAN | |||
|  1.       Individual |  -      Pembagian kiprah guru   BK/Konselor  untuk memilih penerima   didik layanan.  -      Mendalami penerima   didik yang dilayani menurut Aplikasi Instrumentasi dan Himpunan Data.  -      Membuat daftar   konseli.  -      Menyusun agenda   konseling individual menurut urutan permasalahan. | ||
|  2.       Kelompok |  -      Membuat peta bimbingan   kelompok dan konseling kelompok tiap semester.  -      Membentuk kelompok   pada tiap kelas dan menginformasikannya kepada seluruh penerima didik.  -      Menentukan materi   aktivitas kelompok.  -      Melaksanakan aktivitas   kelompok dengan dinamika kelompok. | ||
|  3.       Klasikal |  -      Kolaborasi dengan staf   kurikulum untuk memilih agenda BK pada agenda pelajaran sesuai dengan   kelas yang dilayaninya yaitu 2 JP/minggu.  -      Menyusun Silabus dan   Satuan Layanan Klasikal.  -      Mengadakan aktivitas BK   Klasikal dengan Modul BK dan Media BK.  -      Menyiapkan kelengkapan   administrasi. | ||
|  4.       Lapangan |  -      Kegiatan di luar kelas   pada jam BK klasikal, gunakan materi ’game’ dari Modul BK.  -      Mengakfifkan penerima   didik dengan menciptakan majalah dinding yang menarik di depan ruang BK | ||
|  5.       Pendekatan Khusus/Kolaboratif |  -      Identifikasi penerima   didik yang memerlukan Perhatian Khusus (PK).  -      Adakan pendekatan   kepada penerima didik bahwa permasalahannya memerlukan kerja sama dengan pihak   tertentu.  -      Hubungi pihak yang   akan membantu permasalahan penerima didik.  -      Menentukan agenda dan   daerah pertemuan. | ||
|  6.       Jarak Jauh. |  -      Menyediakan BK Corner.  -      Mendata nomor telpon,   nomor HP dan jejaring sosial penerima didik dan orang tua/wali.  -      Menginformasikan nomor   HP khusus BK/jejaring sosial supaya kapan saja sanggup dihubungi. | 
 III.        EVALUASI
 |  NO |  KEGIATAN |  TUJUAN KEGIATAN |  URAIAN KEGIATAN |  WAKTU |  KETERANGAN | 
|  1 |  LAPORAN BK |  Bukti pelaksanaankegiatan pelayanan BK dan dasar   penilaian aktivitas BK berikutnya |  Guru BK menciptakan laporan pelayanan BK bulanan, semester   dan selesai tahun kepada kepala sekolah |  Juli  -  Juni |  Format Laporan | 
|  2 |  Evaluasi, Analisa & Tindak Lanjut |  Untuk melihat pencapaian aspek dan kiprah perkembangan dari penerima didik dalam satu tahun |  Tim BK mendiskusikan pelaksanaan agenda BK : faktor   pendukung dan faktor penghambat yang ada. |  Akhir Tahun |  Format Laporan | 
 Mengetahui,                                                                  ..............................,    Juli 2017    
  Kepala  SMA Negeri  ...............                                  Guru BK Kelas X
  ....................................                                                 ............................................... 
  NIP.                                                                              NIP. –
  Untuk mendapatkan Jadwal  Kegiatan  Program  Bimbingan Dan Konseling, Pogram Bimbingan Dan Konseling, Program Bk Klasikal, Jadwal Kegiatan Bk Klasikal  dan Silabus BK Klasikal full silahkan kunjungi halaman ini. Bagi yang membutuhkan perangkat Rencana Pelaksanaan Pelayanan Satuan Layanan Klasikal (BK) kelas X,XI,dan XII lengkap silahkan klik disini.
  Demikian yang sanggup saya berikan untuk perangkat Bimbingan Konseling (BK) Sekolah Menengan Atas agar sanggup memberi manfaat. terima kasih