RENCANA PELAKSANAAN PELAYANAN (RPL)
  SATUAN LAYANAN BK KLASIKAL
  |  Satuan Pendidikan |  : Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ....................... | 
|  Kelas/Semester |  : XI / I | 
|  Waktu   |  : 1  X 40  menit | 
|  MATERI LAYANAN |  : |  BAB  I    SERUNYA KELAS XI  A   SEMANGAT BARU DI AWAL TAHUN  | 
|  ASPEK DAN TUGAS PERKEMBANGAN |  : |  7.  Pengembangan pribadi | 
|  NILAI KARAKTER |  : |  Jujur, Disiplin, Kerja   Keras, Mandiri, Bersahabat / Komunikatif, Tanggung Jawab | 
|  KOMPETENSI            |  : |  Semangat   gres di kelas XI | 
|  INDIKATOR |  : |  Dapat   menyesuaikan diri | 
|  BIDANG LAYANAN |  : |  Sosial | 
|  TUJUAN LAYANAN |  : |  Peserta   didik mencicipi suasana berguru yang nyaman di kelas XI | 
|  FUNGSI LAYANAN |  : |  Pemahaman,   Penyesuaian, Penyaluran, Preventif, Pemeliharaan, Pengembangan | 
|  METODE |  : |  Kooperatif   Learning,  Joyfull Learning | 
|  SUMBER LAYANAN  |  : |  Modul B -  Psikologi Remaj,   Dinamika Kelompok | 
|  LANGKAH-LANGKAH LAYANAN : | ||
|  KEGIATAN PELAYANAN KLASIKAL |  WAKTU | 
|  A.   Pendahuluan  1.      Memberi salam, menilik kehadiran penerima didik dan   kebersihan kelas.  2.      Apersepsi dan motivasi : Maju di kelas VIII, penting   tidak ya ?  3.      Menjelaskan tujuan pelayanan klasikal dan aspek   perkembangan yang akan dicapai sesuai dengan RPL Silabus. |  10 ’ | 
|  B.   Kegiatan Inti  1.    Proses   •    Eksplorasi  : menggunakan   media flip-chart untuk menyanyikan bersama lagu ”MAJU KELAS XI”   •    Elaborasi    : peserta   didik mengemukakan gagasan baru  secara   verbal ”SERUNYA KELAS XI” untuk berprestasi.  •    Konfirmasi  : memberikan konfirmasi terhadap   pengalaman pada awal tahun di kelas XI.  2.    Aspek CTL   •      Konstruktivisme (membangun) : Grateful to   God, Parent’s support, Thank you my teachers, My great best friends yaitu   yang menciptakan penerima didik mencicipi seru berada di kelas XI.  •     dapat berada di kelas XI alasannya prestasinya   dan sumbangan dari para guru kelas XI.  •    Authentic   Assessment (penilaian yang sebenarnya) : Peserta didik menyelesaikan   kiprah di modul BK dengan menuliskan syair lagu atau puisi Kelas XI.  3.    Kecakapan Hidup   •     .Kooperatif : bersemangat untuk maju di   kelas XI |  25’ | 
|  C.   Penutup  1.      Kesimpulan : penerima didik dan guru BK menyimpulkan .   semangat berada di kelas XI  2.      Refleksi       : semangat dan maju di kelas XI   melalui lagu ”Maju Kelas XI” |  5 ’ | 
 I.        PENILAIAN
 |  TEKNIK |  BENTUK |  TAHAP PENILAIAN | 
|  Penilaian diri |  Pendapat pribadi |  Laiseg     :   Semangat di kelas XI  Laijapen : Semangat berguru di kelas XI  Laijapan : Prestasi tercapai  | 
A. Diberikan reward jikalau ada perubahan perilaku pada penerima didik berjulukan :
B. Diberikan Perhatian Khusus (PK) bagi penerima didik yang belum ada perubahan perilaku bernama
Mengetahui, .............................., Juli 2017
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 ............... Guru BK Kelas XI
.................................... ................................................
NIP. NIP. –